RSS

HUKUM PEMAKAIAN INSULIN DALAM ISLAM


A. Definisi
Insulin (bahasa Latin insula, "pulau", karena diproduksi di Pulau-pulau Langerhans di pankreas) adalah sebuah hormon polipeptida yang mengatur metabolisme karbohidrat. Selain merupakan "efektor" utama dalam homeostasis karbohidrat, hormon ini juga mengambil bagian dalam metabolisme lemak (trigliserida) dan protein – hormon ini memiliki properti anabolik. Hormon tersebut juga mempengaruhi jaringan tubuh lainnya. Insulin digunakan dalam pengobatan beberapa jenis diabetes mellitus.
Pasien dengan diabetes mellitus tipe 1 bergantung pada insulin eksogen (disuntikkan ke bawah kulit/subkutan) untuk keselamatannya karena kekurangan absolut hormon tersebut, sedangkan pasien dengan diabetes mellitus tipe 2 memiliki tingkat produksi insulin rendah atau kebal insulin, dan kadang kala membutuhkan pengaturan insulin bila pengobatan lain tidak cukup untuk mengatur kadar glukosa darah.

B. Penyebab Diabetes Mellitus
Dengan meningkatnya usia harapan hidup manusia, maka kebutuhan hidup manusia terhadap insulin akan semakin meningkat pula. Karena secara alami, dengan meningkatnya usia, maka fungsi pancreas semakin menurun. Dengan menurunnya fungsi pancreas, maka menurun pula fungsi insulin yang dapat dihasilkan tubuh manusia. Dengan menurunnya insulin dalam tubuh manusia, maka kemampuan tubuh manusia untuk memecah gula dalam darah akan semakin menurun, pada saat itu manusia akan terkena penyakit yang biasa di sebut kencing manis (Diabetes Mellitus) dan perlu suntikan insulin.

C. Bahan Pembuatan Insulin
Pernah di coba membuat insulin dari ekstraksi pancreas sapi, dan hasilnya kurang menggembirakan. Dari seekor sapi hanya di hasilkan insulin ½ cc saja, yang berarti tidak cukup untuk memenuhi kebutuhan seseorang sekali suntik. Percobaan pembuatan insulin dari pancreas kera, menunjukkan bawa gennya tidak cocok dengan manusia. Akhirnya di coba membuat insulin dari pancreas babi, ternyata hasilnya selain gennya cocok dengan manusia, jumlah cc nya pun mencukupi.
Pada mulanya insulin dibuat dari gen pancreas babi yang di klon dalam bakteri dalam waktu 24 jam, dari satu gen menghasilkan milyaran gen. Kini insulin dari gen pancreas babi di klon dalam ragi. Karena organism dalam ragi lebih komplek dari bakteri, maka hasilnya akan lebih baik. Dari satu gen pancreas babi yang di klon dalam ragi pada tabung fermenator kapasitas 1000 liter di hasilkan 1 liter insulin. Insulin dari bahan dan proses itulah yang akan beredar di seluruh dunia.

D. Hukum Pemakaian Insulin
Hukum Islam dalam pemakaian insulin yang terbuat dari bahan pancreasnya babi adalah BOLEH jika tidak di temukan obat lain dari bahan yang suci.

0 komentar:

Copyright 2009 RYRI LUMOET. All rights reserved.
Free WPThemes presented by Leather luggage, Las Vegas Travel coded by EZwpthemes.
Bloggerized by Miss Dothy | Blogger Templates